Semester I

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

1. IDENTITAS MATA PELAJARAN

Nama sekolah              : SMA NEGERI 3 SINGKAWANG

Mata pelajaran             : KIMIA

Kelas / Semester          : XI / Ganjil

Waktu                         : 25 menit

 

2. STANDAR KOMPETENSI

Memahami struktur atom untuk  meramalkan  sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.

 

3. KOMPETENSI DASAR

Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

 

4. INDIKATOR

  1. Menjelaskan cara menentukkan letak periode suatu unsur berdasarkan konfigurasi elektron unsur.
  2. Menjelaskan cara menentukkan letak golongan suatu unsur berdasarkan konfigurasi elektron unsur

 

5. TUJUAN PEMBELAJARAN

  1. Siswa dapat menjelaskan cara penentuan letak periode unsur berdasarkan konfigurasi elektron.
  2. Siswa dapat menjelaskan cara menentukan letak golongan unsur berdasarkan konfigurasi elektron.

 

 

6. MATERI PEMBELAJARAN

Tabel Periodik Unsur (TPU) unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan nomor atom unsur dan TPU tersusun atas periode (baris horizontal) dan golongan (baris vertical).

a. Periode

TPU terdiri dari 7 periode. Periode disusun dalam baris-baris mendatar dan disusun berdasarkan kenaikan nomor atom, unsur-unsur yang mempunyai jumlah kulit sama akan menempati baris yang sama.

b. Golongan

TPU dibagi menjadi 8 golongan. Setiap golongan dibagi atas golongan utama (A) dan golongan transisi (B). penomoran golongan dilakukan berdasarkan electron valensi yang memiliki suatu unsur. Setiap unsur yang memiliki elektron valensi sama, akan menempati golongan yang sama pula.

1. Blok s

Konfigurasi elektron unsur-unsur blok s berakhir di orbital s. Blok s ditempati oleh unsur-unsur golongan IA dan IIA.

Contoh :

11Na = 1s2 2s2 2p6 3s1

Na memiliki harga n = 3, elektron valensi = 1, sehingga Na terletak pada periode ke 3, golongan IA.

2. Blok p

Sebagaimana unsur blok s, konfigurasi elektron pada blok p juga berakhir di orbital p. Orbital p ditempati oleh unsur-unsur golongan IIIA sampai VIIIA.

Contoh :

16S = 1s2 2s2 2p6 3s2 3p4

S memiliki harga n = 3, electron valensi = 2 + 4 = 6, sehingga Na terletak pada periode ke 3, golongan VIA.

3. Blok d

Konfigurasi elektron unsur-unsur blok d juga berakhir di orbital d. blok d ditempati oleh unsur golongan transisi (B). Berbeda dengan golongan utama, pada elektron valensi golongan B bukan merupakan banyaknya elektron terakhir pada kulit terakhir, melainkan banyaknya elektron pada orbital d terakhir di tambah dengan elektron pada orbital s terdekat.

Contoh :

27Co = [Ar] 4s2 3d7

Co memiliki harga n = 4, elektron valensi = 2 + 7 = 9, sehingga Co terletak pada periode ke 3, golongan VIIIB.

4. Blok f

Blok f ditempati oleh unsur-unsur yang electron terakhirnya terletak pada orbital f. Jika unsur-unsur blok f memiliki harga n = 6 disebut lantanida dan n = 7 disebut aktinida.

Contoh :

58Ce = [Xe] 6s2 4f2

Unsur Ce terletak pada periode 6 (lantanida)

 

 

7. METODE PEMBELAJARAN

  • Ceramah
  • Kooperatif tipe Snowball Throwing
  • Evaluasi

 

 

8. ALOKASI WAKTU

  • 25 Menit

 

 

 

ü  Strategi pembelajaran

Tatap Muka

Terstruktur

Madiri

  • Menjelaskan cara penentuan letak unsur dalam table periodic berdasarkan konfigurasi electron.
  •  Mengkaji penentuan letak unsur dalam table periodic berdasarkan konfigurasi electron.
  •  Siswa dapat menjelaskan cara penentuan letak unsur dalam table periodic berdasarkan konfigurasi electron.

 

9. KEGIATAN PEMBELAJARAN

ü  Kegiatan Awal (5 menit)

  • Salam Pembuka
  • Do’a
  • Absen
  • Apersepsi : Guru menggali pemahaman siswa tentang materi yang telah dipelajari sebelumnya, yaitu tentang penulisan konfigurasi electron prinsip Aufbau.
  • Motivasi : Guru memotivasi siswa untuk dapat mengetahui penulisan konfigurasi electron menurut prinsip Aufbau yang dapat dijadikan pengetahuan dasar untuk menentukkan letak unsur pada table periodic.

 

ü  Kegiatan Inti (15 menit)

1.      EKSPLORASI

Dalam kegiatan eksplorasi, guru :

  • Pengenalan periode dalam Tabel Periodik Unsur (TPU). (nilai yang di tanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Pengenalan golongan dalam Tabel Periodik Unsur (TPU). (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).

 

2.      ELABORASI

Dalam kegiatan elaborasi, guru :

  • Menjelaskan cara menentukkan periode suatu unsur berdasarkan konfigurasi electron unsur. (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Menjelaskan cara menentukan golongan suatu unsur berdasarkan konfigurasi electron unsur. (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Membentuk kelompok belajar untuk menjawab evaluasi yang diberikan guru. (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Melakukan evaluasi tentang cara penentuan letak unsur dalam table periodic berdasarkan konfigurasi electron. (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).

 

3.      KOMFIRMASI

Dalam kegiatan komfirmasi, guru :

  • Menjelaskan tentang hal – hal yang belum diketahui siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Memberikan penguatan kepada siswa terhadap materi hidrokarbon.

 

ü  Kegiatan Akhir (5 menit)

  • Guru dan siswa menyimpulkan cara penentuan letak unsur dalam table periodic berdasarkan konfigurasi electron. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Do’a.
  • Salam Penutup

 

 

 

10. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

  • ALAT

–          Spidol

–          Papan tulis

–          Penghapus

–          LCD

 

  • SUMBER BELAJAR

–          Sudiono.s., dkk, 2005, Kimia untuk Kelas XI Jilid 2A, Intan Pariwara

 

11. PENILAIAN

  • Aspek yang dinilai

–                      Kognitif

–                      Afektif/sikap

  • Teknik penilaian

–                      Tes tertulis

  • Instrumen penilaian (terlampir)

–                   Pekerjaan rumah

 

 

Mengetahui                                                                                  Pontianak, 25 April 2012

Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

 

(…………………..…)                                                                          (…………………..…)

NIP                                                                                                       NIP

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: