Semester II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

HIDROKARBON

1. IDENTITAS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah       : SMA Negeri 3 Singkawang

Mata Pelajaran      : Kimia

Kelas / Semester    : X / II

Waktu                   : 25  menit

 

2. STANDAR KOMPETENS

  • Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.

 

3. KOMPETENSI DASAR

Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat kimia.

 

4. INDIKATOR

  • Menjelaskan penamaan struktur  hidrokarbon rantai lurus.
  • Menjelaskan penamaan struktur hidrokarbon rantai bercabang.
  • Menjelaskan perbedaan penamaan struktur hidrokarbon golongan alkana, alkena, dan alkuna.

 

5. TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Siswa dapat menjelaskan penamaan struktur hidrokarbon rantai lurus.
  • Siswa dapat menjelaskan penamaan struktur hidrokarbon rantai bercabang.
  • Siswa dapat menjelaskan perbedaan penamaan struktur hidrokarbon golongan alkana, alkena, dan alkuna.

ü  Karakter Siswa yang diharapkan

Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab

 

6. MATERI AJAR

1. Tata Nama alkana

  • Untuk alkana rantai lurus nama alkana sesuai dengan jumlah atom C, diberi awalan n- (n = tidak bercabang). Ex. CH3 – CH2 – CH3 (n-propana)
  • Untuk alkana rantai bercabang :

–          Nama alkana berdasarkan rantai C terpanjang. Jadi, tentukan terlebih dahulu rantai C terpanjang (rantai utama).

–          Atom C yang tidak terletak pada rantai utama disebut gugus alkil (cabang).

–          Penomoran atom C pada rantai utama dimulai dari ujung yang terdekat dengan cabang.

Ex. CH3 – CH – CH2 – CH2 – CH3   

|

CH3

2-metil pentana

  • Jika terdapat dua atau lebih alkil yang sejenis, cukup disebut sekali dan diberi awalan di, tri, tetra, dan penta.
  • Penulisan nama alkil sesuai urutan abjad huruf depan alkil (butil, etil, metal, dan propil).
  • Bila 1 atom C mengikat 2 gugus alkil, penomoran harus diulang.
  1. CH3

|

CH3 – C – CH2 – CH2 – CH – CH3

|                               |

CH3                       CH2                     2,2,5-trimetil heptana

|

CH3

2. Tata Nama Alkena

  • Untuk alkena tidak bercabang, nomor urut atom C dimulai dari ujung yang terdekat dengan ikatan rangkap. Nama alkena sesuai dengan jumlah atom C diawali dengna nomor letak ikatan rangkap.

Ex. CH3 – CH = CH – CH3    2-butena

  • Untuk alkena bercabang :

–          Rantai utama merupakan rantai terpanjang yang memiliki ikatan rangkap.

–          Penomoran atom C dimulai dari ujung rantai utama yang palig dekat dengan ikatan rangkap.

–          Cabang-cabang disebutkan terlebih dahulu dengan urut abjad, diawali dengan nomor cabang dan rantai utama diawali dengan nomor letak ikatan rangkap.

CH3

|

CH3 – C – CH = CH – CH3

|                      4,4-dimetil-2-pentana

CH3

–          Jika kedua ujung mempunyai jarak yang sama dengan ikatan rangkap, penomoran dimulai dari ujung yang terdekat dengan cabang.

Ex.

CH3 – C = CH – CH3

|                                 2-metil-2-butena

CH3

3. Untuk tata nama alkuna, sama halnya dengan alkena.

 

7. METODE PEMBELAJARAN

  • Ceramah
  • Tanya Jawab
  • Penugasan

 

8. ALOKASI WAKTU

  • 25  menit
  • Strategi Pembelajaran

Tatap Muka

Madiri

  • Memahami penamaan dari rantai karbon rantai lurus dan rantai bercabang.
  • Memahami perbedaan penamaan struktur hidrokarbon golongan alkana, alkena, dan alkuna
  • Siswa dapat menentukan penamaan rantai karbon lurus dan rantai karbon bercabang.
  • Siswa dapat menentukan penamaan struktur hidrokarbon golongan alkana, alkena, dan alkuna.

 

9. KEGIATAN PEMBELAJARAN

ü  Kegiatan Awal (5 menit)

  • Salam Pembuka
  • Do’a
  • Absen
  • Apersepsi : Guru menggali pengetahuan siswa tentang materi hidrokarbon yang telah dipelajari sebelumnya. Guru memberikan pertanyaan mengenai jenis-jenis ikatan hidrokarbon.
  • Motivasi : Guru memotivasi siswa untuk dapat memahami cara penamaan struktur hidrokarbon.

ü  Kegiatan Inti (15 menit)

1.      EKSPLORASI

Dalam kegiatan eksplorasi, guru :

  • Pegenalan rantai hidrokarbon. (nilai yang di tanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Pengenalan golongan hidrokarbon (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).

2.      ELABORASI

Dalam kegiatan elaborasi, guru :

  • Menjelaskan cara penamaan hidrokarbon rantai lurus dan bercabang. (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Menjelaskan cara penamaan struktur hidrokarbon golongan alkana, alkena, dan alkuna. (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Latihan tentang pemberian nama pada struktur hidrokarbon. (nilai yang ditanamkan : Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).

3.      KOMFIRMASI

Dalam kegiatan komfirmasi, guru :

  • Menjelaskan tentang hal – hal yang belum diketahui siswa. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Memberikan pertanyaan kepada siswa tentang materi penamaan hidrokarbon. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Memberikan penguatan kepada siswa terhadap materi hidrokarbon.

 

ü  Kegiatan Akhir (5 menit)

  • Memberikan tugas mandiri tentang penamaan hidrokarbon.
  • Guru dan siswa menyimpulkan cara penamaan hidrokrabon rantai lurus dan rantai bercabang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Guru dan siswa menyimpulkan perbedaan penamaan struktur hidrokarbon golongan alkana, alkena, dan alkuna. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Kerja keras, Rasa ingin tahu, Menghargai prestasi, Tanggung jawab.).
  • Do’a.
  • Salam Penutup.

10. PENILAIAN

  1. Aspek yang dinilai

–                      Kognitif

–                      Afektif/sikap

  1. Teknik penilaian

–                      tes tulis

  1. Instrumen penilaian (terlampir)

–                   Soal kuis dan pekerjaan rumah

 

11. MEDIA

  1. Sumber :
  • Buku Kimia Deni Pranowo. Dkk, Intan Pariwara kelas X semester 2
  1. Alat     :
  • Penghapus
  • Papan Tulis
  • Spidol
  • LCD

Penugasan

  1. Gambarkan struktur hidrokarbon dibawah ini :
    1. 3-etil-2-metil heptana
    2. 6,6-dimetil heksena
    3. 3-pentuna

Mengetahui                                                                           Pontianak, 4 April 2012

Kepala Sekolah                                                                          Guru mata Pelajaran

(…………………..…)                                                              (…………………..…)

NIP                                                                                           NIP

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: